Thesis Investasi ICBP : Potensi Growth Baru Pasca Akuisisi Pinehill
Sekilas Tentang Perusahaan, Manajemen dan Shareholder
ICBP (Indofood Costumer Brand Product) adalah anak perusahaan dari Indofood (INDF), kalau INDF mempunyai bisnis yang sangat terdiversifikasi ke bisnis Agribisnis (Indofood Agri yang listing di SGX), Tepung Bogasari dan Distribusi (Indomarco Adi Prima). Sejak IPO tahun 2010, ICBP mempunyai beberapa segmen bisnis yaitu produk makanan bermerek seperti mie instan, diary (produk susu), makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus serta minuman yang baru dimulai tahun 2013.
Berikut ini adalah beberapa ekuitas yang dimiliki oleh ICBP per 2H21 :
Kedua entitas ini menjadi bisnis yang terafiliasi dari hulu sampai hilir untuk bisnis makanan.
ICBP mendapatkan bahan baku utama dari pihak berelasi berupa tepung terigu dari Bogasari dan minyak goreng serta lemak nabati dalam Salim Ivomas Pratama (SIMP). Pada kuartal III 2020, jumlah pembelian bahan baku dari pihak berelasi adalah 23,49% dari total beban pokok penjualan
Adapun penjualan kepada pihak berelasi pada kuartal III tahun 2020 adalah sebesar 74,02% dari total penjualan.4 Jadi, ICBP tidak memiliki bisnis distribusinya sendiri. ICBP menyerahkan sebagian besar urusan distribusi produknya kepada sister company-nya sekaligus anak usaha INDF, yakni Indomarco Adi Prima. ICBP hanya bertugas untuk mengolah bahan baku menjadi makanan dan minuman dalam kemasan kemudianmemasarkan merek-merek tersebut kepada masyarakat.
Jika INDF tidak memiliki bisnis bogasari, ICBP akan dihadapkan kepada dua pilihan sulit ketika harga gandum internasional naik: menurunkan tingkat profitabilitasnya atau meneruskan kenaikan harga tersebut kepada konsumen dengan risiko penjualan melambat/turun. Dengan jaminan bahan baku khususnya tepung terigu dengan harga yang stabil dan relatif terjangkau, biaya operasi bisnis mi instan ICBP akan tetap murah.
Menurut public expose ICBP tanggal 8 September 2021 lalu, ICBP memiliki lebih dari 80 fasilitas produksi yang tersebar di Indonesia, Malaysia, Afrika, Timur Tengah dan Eropa Tenggara, dengan jangkauan distribusi lebih dari 100 distributor di luar indonesia, produk ICBP tersedia di lebih dari 100 negara di dunia.
Dari manajemen ada 3 orang yang saling berelasi yaitu Anthoni salim putra dari Sudono Salim pendiri Salim Group. Menjabat sebagai Direktur Utama dan CEO ICBP (2004-sekarang), Chairman dari First Pasific Company Ltd (2003-sekarang) serta President dan CEO Grup Salim. Yang selanjutnya adalah Franciscus Welirang, menantu dari Sudono Salim, di ICBP menjabat sebagai Komisaris Utama dan Anggota Komite Nominasi dan Renumerasi (2015-sekarang). Kemudian ada Axton Salim putra dari Anthoni Salim, sebagai Direktur Divisi Diary dan Corporate Marketing (2009-sekarang).
Economic Moat
Brand adalah bentuk economic moat yang paling sering dibicarakan dan dianggap paling mudah dipahami. Namun sayangnya, sebagian orang menganggap brand awareness yang tinggi adalah economic moat. Padahal produk yang dikenal luas belum tentu juga secara reguler dibeli oleh konsumen. Sebuah brand menjadi economic moat ketika sudah sampai tahap brand loyalty yang mendorong konsumsi berulang. Brand membuat konsumen tidak perlu lagi membandingkan sebuah produk secara detail. Brand adalah persepsi konsumen atas konsistensi dan jaminan kualitas yangdiberikan oleh sebuah produk.
GPM Vs OPM Vs NPM ICBP Tahun 2010-2020 |
Brand loyalty biasanya muncul pada produk yang menjadi market leader di kategorinya, meskipun tidak selalu begitu. Salah satu indikasi sebuah produk berhasil membangun brand loyalty adalah ketika perusahaan dapat menaikkan harga produk rata-rata tanpa harus kehilangan volume penjualan. Ekstremnya, berapa pun harga yang diberikan oleh perusahaan pada produk tersebut, konsumen akan tetap membelinya. Hal ini tercermin dari GPM ICBP yang terus meningkat dari tahun 2013 bahkan sampai tahun 2020 pada masa pandemi yang terus meningkat, artinya semua ICBP mempunyai pricing power sebagai salah satu ciri perusahaan yang mempunyai economic moat dalam mengatasi harga bahan baku yang sedang mahal atau perlambatan penjualan di masa krisis.
Penjualan Vs Laba Bersih Vs Aset Tetap ICBP CAGR 9 Tahun |
Dari grafik di atas, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ICBP lebih didorong oleh kenaikan margin laba karena Compounded Annual Growth Rate (CAGR) laba lebih tinggi dibanding CAGR penjualan. Hal ini adalah salah satu indikasi dari tingkat maturity si Raja Mi Instan yang telah begitu mendominasi pasar sehingga sedikit sekali pangasa pasar yang bisa digerus, khususnya pada segmen mi instan. Hal ini juga "bisa jadi" menunjukkan bahwa market size konsumen mi instan sudah sulit untuk menjadi lebih besar lagi. Bisa karena sudah sangat sedikit konsumen di Indonesia yang belum mengonsumsi mi instan atau frekuensi konsumsinya yang sudah cukup tinggi.
Namun, hal sebaliknya ditunjukkan oleh aset tetap bersih ICBP yang masih bertumbuh jauh lebih cepat dengan CAGR 19% dibanding pertumbuhan penjualannya. Pada bisnis manufaktur, aset tetap bersih yang terdiri dari tanah, bangunan, dan mesin adalah komponen aset yang menjadi sumber utama pertumbuhan penjualan. Karena hanya dengan kapasitas produksi yang lebih tinggi, sebuah perusahaan dapat mengasilkan penjualan dan laba bersih yang terus bertumbuh.
Historis KinerjaPendapatan dan Growth Pendapatan ICBP Tahun 2010-2020 |
Dari tahun 2010 sampai tahun 2021 pertumbuhan pendapatan ICBP terus naik, namun kalau dilihat dari pertumbuhannya pertahunnya, pertumbuhan pendapatan tahun 2015 sampai 2018 hanya tumbuh single digit, sedangkan mulai tahun 2018 kembali naik hinga tahun 2019 sampai tahun 2020 kembali ke pertumbuhan double digit. apa komponen yang menyebabkan pertumbuhan tersebut?
Ekspor ICBP Tahun 2015 - 2019 |
Jika dilihat pertumbuhan ekspor ICBP dari tahun 2018 ke tahun 2019 mengalami kenaikan 18,8%, sebelum adanya akuisisi PCL di tahun 2020. Setelah terjadinya akuisisi PCL Penjualan di luar Indonesia meningkat sebesar 83% mencapai sekitar US$573 juta atau sekitar 18% dari penjualan neto konsolidasi 2020 karena naiknya penjualan ekspor dan dikonsolidasikannya penjualan PCL selama empat bulan.
Kontribusi Masing-Masing Unit Usaha ICBP Terhadap Penjualan dan Laba Usaha Tahun 2019 |
Dari data kontribusi unit usaha terhadap laba usaha, ternyata untuk perusahaan sekelas ICBP masih ada 2 unit usaha yang laba usahanya nggak perform atau mengalami kerugian, yaitu dari unit usaha Makanan Ringan (Snack) dan Minuman (Beverages)
Memang kalau di breakdown data kontribusi unit usaha terhadap penjualan dan laba usaha, dapat dilihat bahwa penjualan ICBP mayoritas memang dari 2 unit usaha saja yaitu unit Usaha Mie Instan dan Produk Susu, bahkan dari 2 unit usaha tersebut persentase kontribusinya terpaut jauh.
Untuk tahun 2020 menurut laporan tahunan ICBP, Seluruh Divisi yaitu Mi Instan, Dairy, Makanan Ringan, Penyedap Makanan, Nutrisi & Makanan Khusus, dan Minuman masing-masing memberikan kontribusi sekitar 66,8%, 17,4%, 6,1%, 4,9%, 2,1% dan 2,7% terhadap penjualan neto konsolidasi di tahun 2020
Balance Sheet
Balance Sheet ICBP Periode Tahun 2010-2020 |
DER ICBP Tahun 2010-2020 |
Dari tahun 2010 sampai tahun 2020, liabilitas ICBP terus terjaga dibawah 1x dari ekuitasnya, namun berbeda dengan grafik yang terlihat di tahun 2020, terdapat lonjakan aset sebesar 168% yang bersumber dari kenaikan liabilitas sebesar 343%, dimana dari total liabilitas sebesar 53,27 T, 44,09 T berasal dari liabilitas jangka panjang dan 9,176 T berasal dari liabilitas jangka pendek. Dengan DER spikes menjadi 1,06x. Lonjakan hutang ini disebabkan oleh aktifitas akuisisi PCL tahun 2021.
Profitability
ROA dan ROE ICBP Periode Tahun 2010-2020 |
Dari periode tahun 2010-2019 ROA ICBP terjaga selalu diatas 10%, efek akuisisi PCL yang menyebabkan ROA 2020 turun 51% menjadi 6,36%. Namun akuisisi PCL sejauh ini berhasil meningkatkan ROE ICBP 12,35% menjadi 22,38%.
Deviden
ICBP tidak pernah lupa tiap tahunnya membagi deviden kepada investornya, DPR nya pun hampir stabil di angka 50%, kecuali di tahun 2018 sebesar 35% (karena global financial crisis) dan tahun 2020 sebesar 38%, saya tidak yakin penurunan DPR ini karena pandemi atau akuisisi PCL, namun melihat laba yang masih bertumbuh di masa pandemi, kemungkinan penurunan DPR ini disebabkan oleh efek hutang akuisisi PCL tahun 2020, apakah beberapa tahun kedepan DPR ICBP masih dibawah 50% ? let's see...
Prospek Bisnis Pasca Akuisisi PCL Tahun 2020
Hutang Berbunga dan Penerbitan Global Bond
Per kuartal III tahun 2020, saldo hutang bank jangka panjang yang digunakan untuk membiayai akuisisi jumbo Pinehill Company berjumlah 32 T dengan tenor 5 tahun hingga 2025. Jadi, per tahun ICBP kira-kira harus membayar poko hutanag sebesar 6,4 T, belum termasuk bunga. Sebagai gambaran , pada tahun 2019, FCFF ICBP hanya 3,4T.
Bila diasumsikan bahwa suku bunga tidak berubah (tetap 2.18%), maka berikut adalah aliran dana yang dibutuhkan ICBP untuk melunasi seluruh utang atas kebutuhan akuisisi PCL.
Skema Pelunasan Akuisisi PCL |
Skema Penerbitan Global Bond ICBP |
Skenario Pembayaran Hutang Obligasi Global ICBP |
Potensi Growth Baru Pasca Akuisisi Pinehill
Tahun 2020 adalah babak baru bagi ICBP menyusul dilakukannya akuisisi strategis atas PCL. Membicarakan kinerja ICBP pada tahun 2020 tanpa menyangkutpautkan PCL adalah sebuah kekeliruan yang sebaiknya dihindari.
PCL adalah produsen mi instan yang juga menggunakan merek dagang Indomie di Afrika, Timur Tengah dan Eropa Tenggara —yang katanya— memiliki basis konsumen 550 juta penduduk di delapan pasar utama, serta 335 juta penduduk di negara-negara sekitar.
Dalam memasarkan produknya, PCL membayar royalti kepada INDF untuk penggunaan merek Indomie sambil mengimpor bumbu-bumbunya dari ICBP. Itulah sebabnnya, pertumbuhan penjualan mi instan di negara-negara tempat PCL beroperasi sebenarnya bukan hal yang benar-benar baru bagi ICBP. Selama ini, ICBP sudah menikmati sedikit bagiannya.
Kamu dapat menelurusi penjualan historis ICBP di wilayah geografis tertentu. Datanya ditampilkan cukup lengkap oleh manajemen ICBP hingga Q2-2020. Sayangnya, pada Q3-2020, penjualan ke negara-negara Timur Tengah dan Afrika sudah digabung menjadi satu akun akibat akuisisi penuh PCL. Sehingga kamu tidak bisa lagi melakukan cross-check pertumbuhan penjualan di tiap negara.
Namun dalam 10 tahun terakhir, penjualan ICBP di Saudi Arabia (Pinehill Arabia Food Ltd.) dan Nigeria (Dufil Prima Foods Plc) tumbuh lebih cepat dibanding penjualan di Indonesia. Pertumbuhan yang menakjubkan mengingat ICBP hanya berjualan bumbu di dua negara tersebut sebelum Q3 2020.
Penjualan ICBP Dari Negeria Vs Arab Saudi Vs Indonesia |
Penjualan Per Kuartal ICBP di Timur Tengah dan Afrika |
Jaminan Keuntungan Akuisisi PCL |
Valuasi
Karena ada lonjakan ekuitas ICBP pada tahun 2020, untuk valuasi saya hanya menggunakan PE Standar Deviation Band periode 10 tahun.
PE Standar Deviation Band ICBP Periode 10 tahun |
Hanya dengan asumsi mampu mencapai harga puncaknya di 12.500, dengan harga sekarang kita sudah mendapatkan MoS selebar 40%.
Jika dilihat dari PE band ICBP harga sekarang yaitu 8725, sudah mencapai -2 Standar Deviation, yang artinya harga sekarang sudah sangat murah dibanding PE rata-ratanya 10 tahun. Dengan mean PE 24,66 dan Current EPS TTM yaitu 651, maka harga wajar ICBP adalah 16.053, dengan MoS yang sama 40% harga beli yang menarik adalah di harga 9600, tetap masih diatas harga sekarang.
***
Setiap growth story butuh eksekutor handal. Apakah manajemen saat ini mampu untuk meniru skala ekonomi yang dibangun sejak zaman Sudono Salim? Apakah Axton Salim punya kapasitas untuk melanjutkan kepemimpinan Anthoni Salim? Toh pada akhirnya, ICBP belum akan lepas dari Grup Salim.
Beruntungnya kita, saat ini sudah disediakan data dan fakta yang sepertinya cukup untuk menjawab keraguan-keraguan tersebut.
Jadilah investor independen yang mampu menganalisis secara berimbang, agar kamu dapat menghasilkan data-data yang cukup untuk mengambil keputusan investasi. Karena pada akhirnya, keputusan investasi tetap berada di tanganmu.
Semoga bermanfaat, ikuti terus artikel Yuda Ermawan Blog dengan memasukan email dan subscribe atau follow social media saya dibawah. Terima Kasih...
Comments
Post a Comment
Komentar anda akan masuk langsung ke email pribadi saya