Pengalaman Bekerja Di PT Kereta Api Indonesia

Pengumuman dari hasil rekrutmen job fair ITS PT. KAI baru keluar kurang lebih dalam waktu sebulan dari tes kesehatan akhir, cukup lama memang bahkan saya hampir saja bergabung di perusahaan sebelah πŸ˜›. Pengumuman kelulusan bisa dilihat di website https://recruitment.kai.id/ . setelah diberitahu teman saya cek sendiri di website tersebut, dan...

A post shared by Kadek Gus Yuda Ermawan (@yudaermawan) on
Nama saya benar-benar ada list daftar nama yang lulus tahap akhir 😁 bersyukur bisa lolos karena dari ribuan mahasiswa yang mendaftar hanya 113 yang memenuhi syarat, dan ini pertama kalinya saya lulus tes masuk BUMN juga, karena waktu yang mepet untuk daftar ulang saya langsung mempersiapkan berkas yang diperlukan untuk tanda tangan kontrak, antara lain ijazah dan transkrip asli, dan beberapa surat pernyataan yang disertai materai Rp 6000. Setelah itu saya langsung meluncur ke bandung tepatnya di Puskidlat Ir. Haji Juanda di Jalan Laswi Bandung.

Pusdiklat Ir Haji Juanda Bandung
Disini saya bertemu teman dari ITS dan beberapa kenalan dari universitas lain, setelah tanda tangan kontrak akhirnya kami diberikan pengarahan mengenai program selanjutnya yang akan dijalani, FYI dari 113 peserta yang lolos tahap akhir hanya 93 orang yang tanda tangan kontrak. Inti dari pengarahan tersebut, peserta yang tanda tangan kontrak selanjutnya disebut PKM (Peserta Kontrak Magang), kontrak PKM paling cepat 6 bulan dan paling lama 1 tahun untuk selanjutnya diangkat menjadi pegawai Organik (Pegawai tetap). adapun kegiatan yang harus dijalani seorang PKM untuk persyaratan diangkat menjadi pegawai oraganik antara lain.

1. BDP (Basic Development Program)

BDP atau Basic Development Program sesuai namanya bertujuan untuk membentuk calon pegawai PT. Kereta Api Indonesia menjadi pribadi yang effective, disiplin dan loyal terhadap perusahaan, kegiatan BDP ini dilaksanakan selama 10 hari di PUSDIKBUD Cimahi bandung. bisa dibilang setiap calon pegawai BUMN pasti akan melewati tahapan militer seperti ini, selain pendidikan dasar militer dalam 10 hari itu kamu akan diberi pengetahuan umum mengenai perkeretaapian di indonesia langsung dari pengajar dari PT.KAI.

2. Orientasi Lintas

Pada setiap rekrutmen mungkin program orientasi lintas ini berbeda-beda, untuk intake job fair ITS program S1/D3, program orientasi lintas dilakukan oleh PKM di sumatra selatan, Divre 3 Palembang dan Divre 4 Tanjung Karang selama kurang lebih 2 bulan, tepat sehari setelah program BDP langsung berangkat ke sumatra selatan untuk disebar ke stasiun-stasiun. Disana anda secara langsung akan mengetahui kondisi jalan rel dan angkutan barang terutama BABARANJANG (Batu Bara Rangkaian Panjang) dan mengenal pengoprasian perjalanan kereta api beserta SDM yang terlibat didalamnya. Pengalaman yang sangat seru πŸ˜‚ tapi kalau disuruh ngulang lagi sih pikir-pikir lagiπŸ˜…
PKM Air Tuba Sumatra Selatan

3. Praktek Kerja Lapangan

Setelah program orientasi lintas anda akan dikumpulkan dikantor pusat untuk presentasi kegiatan anda selama menjalan program orientasi lintas tersebut, untuk selanjutnya diberikan pengarahan melaksanakan program PKL (Praktek Kerja Lapangan) sesuai dengan unit kerja masing-masing. Pada saat itu saya masuk di unit safety dan PKL di DAOP 8 Surabaya πŸ˜ƒ

4. PDP BASIC (Profesional Development Program Basic)

A post shared by Kadek Gus Yuda Ermawan (@yudaermawan) on
Program PDP basic ini bisa dibilang hanya untuk rekrutmen S1/D3, semacam Management Trainee kalau di perusahaan lain. Program PDP basic ini disesuaikan dengan latar belakang pendidikan, gambarannya seperti ini:
  • Teknik Elektro (Unit safety dan Sintel), PDP di STE-TC di Pusdiklat Ir. Juanda Laswi Bandung selama 3 bulan
  • Teknik Mesin/Teknik Elektro (Unit Sarana), PDP di Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) Yogyakarta selama 2 bulan
  • Teknik Sipil (Unit JJ), PDP di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian (BPTP) Sofyan Hadi Bekasi, selama 2 bulan
  • Teknik Industri (Unit Operasi), PDP di Balai Pelatihan Operasional dan Pemasaran (BP-OPSAR) Bandung selama 4 bulan
Dan akhirnya setelah penantian panjang tepatnya 7 bulan setelah tanda tangan kontrak, per 1 juli 2015 saya secara resmi diangkat menjadi pegawai organik sebagai pelaksana safety audit and investigation di kantor pusat :)

Hanya rasa syukur bisa saya panjatkan kepada Tuhan, Orang tua, Keluarga dan Kerabat yang mendukung saya sampai sejauh hidup saya ini, semoga kedepannya bisa berguna bagi orang banyak terlebih untuk yang membaca artikel ini, pesan saya: jangan pernah menyerah...
Never give up, never surrender, you are bigger than your problem...

***

Update :

Comments

Follow saya di media sosial

Instagram  Twitter 
Dapatkan update artikel terbaru dari email anda:

Artikel Populer

SSSG Dalam Bisnis Sektor Retail

Tes Mengingat Pada Psikotest

Soal Pengetahuan Umum Untuk Psikotest

Arti "Priced In" Dalam Saham